Seperti yang kita tahu, manusia punya beragam karakter. Yang kita tahu karakter dibentuk oleh latar belakang keluarga, lingkungan, pendidikan, dan lain sebagainya..
Tapi,, manusia hanya mempunyai 2 sifat dasar, dalam bahasa "Self Development" kedua sifat ini biasa disebut dengan "TOWARD AND AWAY" apa itu???
>>> Manusia itu selalu mencari kesenangan (toward) dan menghindari kesengsaraan (away). Sama saja dong?? Benarkah?? Mari kita bedah!
>>>Suatu hari seorang penjual madu datang ke sebuah kantor, maksud hati ia hendak menawarkan sebuah madu ke karyawan di sana.
>>>Setelah meminta izin pada sekuriti, ia mulai menawarkan madu pada salah seorang karyawan disana. Ia mulai menjelaskan..
>>>...Keampuhan madu yg dijualnya. Diproduksi dgn teknologi tinggi, madu yg punya varian rasa buah, harga yg ekonomis,dll.
>>>Setelah menjelaskan semuanya, sayangnya tak satupun karyawan disana yg membeli madu yg dijualnya itu. Ia pulang dgn lesu.
>>>Hari berikutnya,ada penjual madu lain yg datang ke kantor itu. Maksudnya sama; menjual madu.Setelah izin ke sekuriti ia mulai jualan.
>>>"Oh,udah tau saya, baru dateng kemaren penjual madu ini. Mereknya sama.." Kata calon pembelinya. "Oh begitu ya?" Kata si penjual.
>>> "bapak sedang pusing ya?" Tanya si penjual. "Iya,dari kemarin nih pusing ga hilang-hilang..ga tau kenapa.kok tau?"
>>>"Wajah bapak terlihat pucat. Sprtinya itu anemia pak. Hati-hati pak,sebaiknya segera diseriusi,khawatir membahayakan.."Kata penjual.
>>>Lalu si penjual mengeluarkan gadgetnya *tsaah*, si penjual menjelaskan bahaya anemia dari internet,menunjukkan resiko terburuknya.
>>>Si calon pembeli mengangguk-angguk mendengar penjelasan si penjual. Mukanya terlihat sangat serius.
>>>."Jadi begitu pak.." jelas si penjual. "Kalau dengan madu bisa membantu mas?" tanya si calon pembeli. "OH.YA TENTU PAK!" jawabnya.
>>>Singkat cerita,madu si penjual pun terjual 6 botol sekaligus! Karena ternyata banyak keluarga pembeli itu yg juga anemia.
>>>Pertanyaannya, apa yg membuat dagangan penjual pertama tak laku& dagangan si penjual kedua laku keras?Inilah bahasan Toward & away.
>>>Penjual pertama,menjelaskan dagangannya dgn pola 'toward", menjelaskan manfaat yg bisa didapat pembeli jika membeli madunya.
>>>Salahkah?tak salah.Hanya tak tepat sasaran. Calon pembelinya sbnarnya sudah tahu manfaat madu & sgala kelebihan madu yg dijelaskan .
>>>.Penjual kedua menjelaskan manfaat madunya dgn pola "away", kurang lebih bahasa lainnya begini.
>>>"KALO GAK BELI madu yang saya jual, sakit bapak bisa MAKIN PARAH pak! Makanya cepetan beli !" kira-kira begitu bahasa lainnya
>>>Tak semua orang SEDANG mencari kesenangan, di urusan tertentu, seseorang bisa jadi hanya menghindari ketaknyamanan.
>>>Contoh lainnya biasanya dialami oleh emak-emak yang heboh anaknya sulit makan, padahal sudah segala macam cara dipakai.
>>>Sebagian besar masalah anak sulit makan itu justru ada pada orangtuanya yg tak tepat berstrategi memberi makannya.
>>>Anak saya dulu termasuk yg sulit makan. Alhamdulillaah sy paham konsep "toward-away". Anak sy jadi heboh makannya.
>>>Sederhana,sy pahami dulu, anak sy tipe apa dlm soal makan. Toward kah? Atau away? Tinggal sy manfaatkan.
>>>Anak sy sngt terobsesi dgn skateboard waktu itu.Jadi itu yg sy manfaatkan. sy tinggal bilang, "Fa,mau cepet bisa main skateboard?"
>>>"kalau mau cepet bisa main skateboard,berarti harus udah gede ya Fa?" >> "Kalo mau cepet gede, makannya banyak atau sedikit ya Fa?"
>>>Sy menghindari kalimat langsung, "harus banyak makan dong biar cepet gede!", sy mau merangsang logika anak.
>>>Biar dia sendiri yg berpikir, kenapa dia BUTUH makan banyak. Dia perlu punya mindset, makan itu keBUTUHan, bukan keHARUSan.
>>>Apakah "toward-away"="reward-punishment"? beda! toward-away bekerja "before action", reward-punishment bekerja "after action"
>>>Toward-away itu tipe motivasi,ia adalah alasan seseorang melakukan suatu aktifitas. Hanya saja,kontennya memang mirip.
>>>Ingat penjual madu pertama tadi? Ia hanya menjelaskan "toward", alias keuntungan saat seseorang mengonsumsi madunya.
>>>Padahal calon pembelinya bisa jadi tak terlalu merasa butuh dgn segala keuntungan itu. Sedangkan penjual kedua sebaliknya.
>>>Ini mirip dgn "iming-iming & ancaman".Contoh ekstrimnya begini : seandainya kau diberi uang 500juta utk menyeberangi kedua gedung..
>>>...Di atas papan panjang yg menghubungkan kedua gedung itu, lebar papannya 20cm. Tapi tanpa pengaman. Mau? 500jt loh! Mauuu?
>>>Mungkin anda akan berpikir 10x utk melakukannya. Tapi pasti ada orang yg ga mikir 2x. Dia langsung ambil peluang itu.<~ ini toward.
>>>Kondisi lainnya,bos anda yg berkata, "kamu seberangi kedua gedung setinggi 100meter itu pakai papan, atau kamu sy pecat!
>>>Jika anda termasuk orang yg melakukan perintah bos anda itu, maka anda termasuk tipe "away" utk urusan itu.
>>>Begitu tahu tipe "toward-away" ini,tugas selanjutnya adlh melatih pilihan kita & bgmn mengucapkannya utk dapat hasil sempurna.
>>>Pilihan kata yg tak tepat, tak mungkin ciptakan hasil yg diharapkan. Malah, salah-salah bisa jadi bumerang.
>>>Di training Hypnotic Negotiator, biasanya sy & peserta akan mendiskusikan pola bahasa yg sesuai tujuan. "bila begini,apa hasilnya?"
>>>Bahasan ini,sepertinya juga akan jadi bahasan penting di #TrainingBackpackeran 10-13Juni mendatang
>>>.Bila belum mendaftar, segeralah mendaftar. Kuasai pola bahasa yg sesuai utk menggunakan "toward-away" dgn tepat.
>>>10-13 Juni, ada banyak sekali waktu untuk mengaplikasikan pola "toward-away" langsung kpada setiap org yg ditemui di jalanan :)
>>>Sekian dulu bahasan "toward-away", nanti kita bahas pola bahasa lain yg memungkinkan anda jadi komunikator yg efektif.
>>>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar